Bulan suci Ramadhan, bulan penuh berkah yang kita nanti telah tiba.. Tentunya sudah banyak agenda untuk ibadah dan bekerja yang sudah kita rencanakan ya.. Melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadhan bukan menjadi halangan untuk melakukan berbagai aktivitas kita yang padat ya Sobat Amigo.. Justru di bulan mulia saat setiap kebaikan yang kita lakukan dilipatgandakan, kita bisa memperbanyak kegiatan-kegiatan positif dan amalan ibadah kita. Kali ini Amigo akan berbagi tips tetap sehat dan bugar saat menjalankan berbagai aktivitas di bulan puasa ya..

  1. Sahur dengan makanan karbohidrat kompleks, protein, dan serat

Sahur adalah hal paling penting dan tidak boleh dilewatkan saat menjalankan puasa. Pada saat sahur, kita bisa mengonsumsi makanan yang nantinya digunakan sebagai cadangan energi selama berpuasa. Supaya tetap sehat dan bugar, kita tidak boleh mengonsumsi sembarang makanan ya Sobat, bukannya menambah energi, tetapi justru akan membuat kita semakin lemas dan tentunya bisa terserang penyakit.

Salah satu makanan yang sehat dan cocok untuk menu sahur adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki tiga atau lebih molekul gula, dalam rantai molekul, sehingga jenis karbohidrat ini akan lebih lama dicerna oleh tubuh. Dengan mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks tubuh kita akan memiliki cadangan energi yang cukup, tetapi tidak menyebabkan peningkatan glukosa yang tinggi dalam tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks antara lain: beras merah, kentang, jagung, pisang, ubi jalar, alpukat, dll.

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Cairan sangat penting bayi tubuh kita agar tidak terkena dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan cairan selama puasa, maka kita harus minum air putih sebanyak 8 gelas seetelah berbuka sampai waktu sahur. Terutama pada saat sahur, perbanyak minum air putih atau bisa juga jus untuk cadangan cairan dalam tubuh kita selama berpuasa. Hindari minum teh atau sirup saat sahur karena minuman jenis ini justru akan membuat kita merasa cepat haus.

  1. Gosok gigi setelah sahur

Segera gosok gigi setelah sahur ya Sobat Amigo, agar tidak ada makanan yang menempel di dalam mulut kita. Dengan gigi dan mulut yang bersih, maka akan mengurangi bau mulut saat berpuasa.

  1. Hindari tidur setelah sahur

Setelah sahur biasanya kita akan merasa mengantuk, dan sebagian besar orang langsung tidur setelah sahur. Sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini ya.. Perlu kita ketahui ternyata tidur setelah sahur tidak baik untuk kesehatan kita karena bisa menyebabkan sakit maag. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan asam lambung kembali ke kerongkongan yang pada akhirnya bisa menyebabkan masalah pada saluran cerna atas. Untuk menyiasati agar tidak mengantuk setelah sahur, sebaiknya kita tidur lebih awal di malam hari.

  1. Hindari berbuka secara berlebihan

Selama puasa, lambung kita sedang dalam kondisi istrirahat, sehingga ketika berbuka kita sebaiknya mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu agar lambung kita tidak kaget dan langsung bekerja dengan keras. Kebiasaan ini akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut per kembung, mual, bahkan muntah.Sebaiknya berbuka dengan makanan ringan (seperti kurma, air putih, atau jus), sedangkan makanan berat bisa kita konsumsi setelah sholat maghrib atau setelah sholat tarawih ya.

  1. Olahraga ringan

Puasa bukan berarti kita hanya bermalas-malasan ya Sobat. Kita tetap bisa melakukan olahraga untuk kebugaran tubuh kita, hanya saja perlu kita sesuaikan dengan kondisi tubuh kita saat berpuasa. Sebaiknya olahraga yang dilakukan cukup olahraga ringan, dengan intensitas sekitar 40% atau 50% dari olahraga yang biasanya kita lakukan di hari normal. Olahraga ringan seperti streching, senam, atau jogging bisa menjadi pilihan jenis olahraga ketika puasa. Waktu olahraga juga perlu kita sesuaikan ya, hindari berolahraga pagi atau siang hari (apalagi olahraga berat) karena banyaknya keringat yang kita keluarkan saat olahraga bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairam. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga adalah sore hari menjelang berbuka atau malam hari setelah sholat tarawih ya..

Itulah beberapa tips sehat dan bugar selama puasa, selamat mencoba ya Sobat.. Dengan badan yang sehat dan bugar selama puasa maka berbagai kegiatan termasuk ibadah selama bulan Ramadhan bisa lebih maksimal ya.. InsyaAllah puasa kita juga menjadi berkah. Amiiin..

 

sumber : R.M